curhatibu.com

Dari Nol hingga Blogger Profesional: Pengalaman Saya Belajar Ngeblog di Blogspedia Coaching

Haloo Sobat Curhat Ibu, pernah ga sih, berpikir tentang betapa pentingnya blog dalam dunia maya - di masa sekarang ini? Hehe.. Nah, buat kita-kita yang pemula dalam dunia blogging, blog ini ternyata bisa juga lho menjadi ladang cuan yang menjanjikan #ups yaitu dengan menjadi blogger profesional. 

Hehe.. tapi di sisi lain, blogging pun menjadi layaknya hutan belantara yang entah kita harus lewat mana dulu biar ketemu buruan yang dicari. 

Well. Kali ni saya mau bahas perjalanan pribadi saya dalam belajar tentang dunia blogging, dan pengalaman mengikuti Blogspedia Coachingnya Komunitas Blogspedia besutan mbak Marita ningtyas yang super duper keren. 

So, jangan lewatkan pembahasan menarik ini yaaa.. kita jelajahi bersama dunia blogging era ini. 

Apa Itu Blogspedia

Yap. Blogspedia ini merupakan sebuah laman blog yang dibuat oleh mbak Marita ya, yang dulu kata beliau, beliau ini levelnya masih cupu tapi pengen berbagi panduan dan tips blogging untuk para pemula. Diawali dari berbagai pertanyaan teman-temannya yang pengen tau gimana caranya belajar ngeblog, belajar ngeblog harus dimulai dari mana, pakai template apa, blog yang bagus seperti apa, dan sebagainya. Membuat mbak Marita akhirnya seperti merangkum informasi yang diketahuinya dalam satu blog ini agar mudah diakses oleh teman-teman lain untuk belajar. Masyaallah ya.. barokallah Coachhh....

Belajar ngeblog di blogspedia coaching
Lagi Nyimak Materi di Blogspedia

Nah, hingga akhirnya, dengan usulan nama dari Mbak Lulu Musthofia, "BLOGSPEDIA" menjadi pilihan terbaik hingga saat ini. Mencari nama yang mudah diingat oleh banyak orang, dan langsung ngeh tentang "apa isi di dalamnya". Emang cocok sih yaaaa..... semacam wikipedia-nya pada blogger gitu. 

Cocok sekali dengan visinya, yaitu ingin menjadikan dunia blogging ini lebih mudah dipahami dan diakses oleh semua orang, terutama oleh mereka yang baru memulai perjalanan blogging mereka. Ada banyak panduan, pengetahuan dan dukungan kepada para pemula di blog ini lho. Ditambah juga motivasi agar para pemula ini tidak ragu-ragu untuk menjadikan blog sebagai platform profesional mereka nantinya. Mantap emang. 

Komunitas dan Layanan Blogspedia

Sobat Curhat Ibu, blogspedia ini saat ini menjadi komunitas para blogger ya. Terutama pada momblogger, atau blogger wanita -kebanyakan- yang ingin berkecimpung di dunia blogging ini. Blogspedia ini menyediakan beberapa layanan jasa blogspedia untuk pada blogger, misalnya 

jasa blogspedia

Jasa blogspedia disediakan di sini, mulai dari menyediakan template, kepenulisan, order artikel, bikin web atau blog, sampai blogspedia coaching (ini yang saya ikutin dalam 3-4 bulan terakhir ini). Mantep kan?

Selain itu, bagi para penulis artikel yang ingin mendapatkan tambahan uang jajan, blogspedia membuka peluang besar lho.. 

jasa blogspedia
Tuh, lumayan kan bisa jajan cilok 10ribu di abang-abang yang lewat depan rumah, lezattt.. hehehe...

Blogspedia Coaching : Pemula WAJIB Ikut

GRATIS. Ini merupakan kelas ngeblog gratis. Masyallah. Benar-benar mbak Marita tidak pelit ilmu. Huhuhu.. semoga bertambah berkah ilmunya Coach. 

Layanan ini hanya digelas 1kali/tahun. Dan dalam durasi 3-4 bulan. Ilmu yang ada di dalamnya ga main-main lho.. hehe.. biasanya kan kelas ngeblog gratis (yaaa ga banyak), tapi ini kayak semuanya dikasih buat kita para pemula. 

Nah, blogspedia coaching ini, awal mulanya diselenggarakan mbak Coach sebagai bentuk syukurnya karena telah bertemu para guru nge-blog yang keren dan luar biasa. Lalu beliau menyadari bahwa ngeblog itu ya butuh berjamaah, terutama bagi orang-orang pemula yang butuh disentil biar mau gerak. Beneran semua cara menjadi blogger pemula ada di sini. 

Mbak Marita menyadari bahwa selama belajar blog itu memang banyak printilan yang harus diketahui. Dan di awal kadang bingung harus belajar mulai dari mana dulu. Akhirnya bukannya lanjut, malah balik kanan ga jadi ngeblog. 

Blogspedia coaching ini menyediakan rangkaian materi cara menjadi blogger pemula, sesuai kebutuhan, dan bener-bener runut sih. Sesuai dengan apa yang memang harus dipahami terlebih dahulu. Seperti pondasi ngeblognya dulu, lalu dasar-dasarnya bikin blog, sampai urusan personal branding dan yang masalah "make cuan" di blog. So, lengkap sekali, guyyyyys

Kelas ini memang ditujukan untuk newbie sih, yang memang belum punya blog, atau sudah punya blog tapi belum TLD (top level domain). Dan lebih khusus lagi untuk platform blogger yaa.... Pastinya, ini kelas bagi yang emang udah suka nulis lho ya... karena setiap habis materi, tugasnya ya nulis nulis nulis. Bukan bikin video atau nge-vlog. 

Pastinya ga mom-friendly sih wkwkkwkk karena tugas dan deadline nya suka bikin deg-degan haha lha kalau ga selesai, bisa didepak dari grup dan tidak bisa lanjut nyimak materi daging selanjutnya T.T kan syedih. Tapi faktanya, kebanyakan mommy-mommy yang pada ikut - hahaha.. dan ternyata bisa lhooo... 

Intinya sih, kalau mau ikut kelas blogspedia coaching ini, kudu siap komitmen. Komitmen untuk mau belajar dan mau beraksi. Tidak cukup menyimak materi, tapi harus dipraktekkan. Gitu aja terus. Insyaallah selesai koq. Ga serem-serem amat. hehehehehhe

Pengalaman Pribadi dengan Coaching Blogspedia

Ya, yang paling kerasa sih dengan ikut coaching ini, saya jadi lebih terbuka melihat seperti apa dunia blogging itu. Yang awalnya ngerasa udah bisa ngeblog (ya kali udah 10tahunan punya blog), tapi rupanya selama ini asal posting doang, ga pake ilmu. Sekarang jadi lebih ngeh nih, apa saja yang perlu dipersiapkan saat mau posting. 

Mulai dari riset kata kunci, mencari bahan materi, menulis outline, membuat ilustrasi yang tepat, memberikan backlink, dan seterusnya banyak sekali ilmunyaaaa.... jadi merasa ga rugi sama sekali sih udah pontang-panting 3 bulanan ini bersama coaching blogspedia. Capek tapi happy. Bakal kangen sih dikejar-kejar tugas #ups

kelas ngeblog pemula
Blog Makin Canteeeek Habis Kelas

Kalau manfaat lainnya, saya bisa lebih percaya diri dalam mengelola blod saya. Ibaratnya udah tau rumus dasarnya, tinggal terus berlatih menghasilkan konten yang berkualitas dan menjaga konsistensi dalam mengisi blog saya. 

Insyaallah sih dengan pengetahuan dan apalagi dukungan yang saya peroleh dari Blogspedia Coaching ini, saya jadi kayak merasa lebih siap menjalani perjalanan blogging saya lebih serius lagi. Dunia blogging jadi kerasa lebih menarik, dan lebih cerah  dan semoga bisa membuka banyak peluang di masa depan untuk saya berkarya. 

Nyesel Lho, Kalau Ga Gabung

Sobat Curhat Ibu, sekarang saatnya nihhh, para momblogger, atau siapapun yang ingin atau tertarik dalam dunia blogging, pertimbangkan deh buat ikut kelas coaching selanjutnya. Mengapa? Karena kesempatan ini bisa jadi pintu masuk Anda untuk ngeblog dengan pondasi yang lebih kuat. 

Blogspedia Coaching ini tidak hanya memberikan pengetahuan, dan melatih ketrampilan kita ngebloh; namun juga memberikan kita komunitas yang saling menyemangati.. huhuhu.... para momblogger hebat yang selalu menyemangati dengan postingan-postingan mereka... bakal rindu ni. 

So, jadilah bagian dari perjalan ini, kita raih kesuksesan bersama dalam dunia blogging. Bergabung dan mari bersama menjelajahi dunia blogging dengan semangat yang tinggi. 

Thanks a Bunch

Huhu...makasih para coach, yang luar biasa dan sabar membimbing saya selama 3 bulan. Menjawab pertanyaan-pertanyaan saya yang kadang saya sendiri tidak mengerti mau nanya apa #lhoh. Hehe. tapi banyak pencerahan yang saya dapat. Semoga ilmu dan semangatttnya bisa nular ke kami, dan para coach makin bertambah ilmu dan rezekinya. Aamiin...

Cara Bergabung?

Pantengin terus Instagram blogspedia ya guys.. dan jangan lupa follow donk. Biar kalau sewaktu-waktu coach Marita membuka kelas, bisa gerceppp. Kan 1kali doank setahun, dan ga tentu juga dibuka tiap bulan berapa ye kan. 

Belajar ngeblog di blogspedia coachingFollow juga twitternya  dan facebook nya yaaa....


3 comments

Terimakasih udah mampir di blog ini, happy reading :)
  1. Mbak Marita memang ngg pelit berbagi ilmu dan dengan sabar membimbing kita.

    ReplyDelete
  2. Iya, pasti nanti bakal kangen dikejar-kejar deadline. Para coach yang ngingatin "jangan lupa turn in, jangan lupa posting IG, bla..bla..bla". hahaha

    ReplyDelete
  3. MasyaAllah jadi berkesan sekali ya perjalanan kita bersama :D pasti bakal kangen

    ReplyDelete