curhatibu.com

Memilih Nama yang Baik untuk Anak

Menurut Imam Al-Mawardi, ada tiga pilihan yang diberikan dalam memilih nama yang  baik untuk anak, yaitu :

1. Diambil dari nama orang-orang yang berpegang teguh pada agama, seperti nabi, rasul serta orang-orang shaleh. hal ini dengan maksud mendekatkan diri kepada Allah dengan mencintai mereka, menghidupkan nama mereka, meneladani Allah dalam memilihkan nama tersebut untuk para wali-Nya dan agama-Nya, sebagaimana telah kami riwayatkan bahwa nama yang paling dicintai Allah adalah Abdullah dan lain sebagainya. Selain Abdullah, yang paling dicintai adalah Andurrahman. Disunnahkan pula memberi nama kepada bayi dengan nama Muhammad atau Ahmad. Namun, sebagian orang justru lebih suka memberi nama kepada anak-anak mereka dengan nama bapak moyang yang mereka agungkan, hingga hampir dianggap sebagai suatu ajaran dan memiliki kedudukan sebagai legalitas bahwa anak tersebut masuk ke dalam anggota keluarga tersebut.

2.  Nama yang diberikan memiliki jumlah huruf sedikit, ringan di lidah, mudah diucapkan dan gampang didengar

3. Nama yang diberikan memiliki makna yang baik dan sesuai dengan si pemilik nama serta sesuai dengan si pemilik nama serta sesuai dengan status sosialnya dalam masyarakat.
Doa yang diucapkan kepada kedua orang tua yang baru saja beroleh buah hati,
"Semoga engkau diberkati pada pemberian ini. Engkau bersyukur kepada Dzat yang Memberi. Semoga engkau mendapatkan baktinya, dan semoga dia panjang umur"
(halaman : 116-117)

Post a Comment

Terimakasih udah mampir di blog ini, happy reading :)