curhatibu.com

4N - Filosofi Belajar Pak Sam


Nahhhh..... Satu lagi ilmu yang dibagi oleh para pengajar prajab kami, yaitu salah satunya adalah Pak Sampurna Budi Utama. Akhirnya bisa bertemu dengan beliau. Selama ini hanya mengetahui nama dan riwayatnya. Belum pernah bertemu orangnya.

Ada sebuah filosofi menarik terkait belajar, yang selama ini telah dipraktikkan oleh Pak Sam. Apa sajakah itu? Kita bisa menyingkatnya dengan 4N

N pertama adalah Niteni
N kedua adalah Nirokke

N ketiga adalah Nambahi
N keempat adalah Nemokke


N pertama adalah Niteni
Niteni itu artinya adalah memperhatikan. Perhatikan apapun yang terjadi di sekeliling kita. Dalam sebuah seminar, atau perkuliahan, perhatikanlah tidak hanya pada materi yang disajikan. Namun, diperhatikan juga bagaimana cara pembicara menyajikan materi. Bagaimana teknis komunikasi. Teknik membuat pembicaraan menarik, tidak membosankan dan mampu membuat peserta paham. Termasuk kita perhatikan pula apa yang terjadi di luar itu semua. Intinya, sering sekali kita berlalu tanpa ada ilmu bertambah atas suatu peristiwa kecil, maka perhatikanlah, dan ambillah pelajaran. 

N kedua adalah Nirokke
Nirokke itu artinya adalah menirukan. Ya, sebagaimana yang dilakukan oleh anak kecil ketika diajarkan orang tuanya berbicara. Yang dilakukan adalah menirukan. Karena memang anak kecil itu belum mengetahui apa-apa, maka yang bisa dilakukan (terlebih dahulu) adalah menirukan apa adanya. 

N ketiga adalah Nambahi/Ngurangi
Mengapa harus ada yang ditambah atau dikurang? Karena kita tidak ingin kualitas kita sama dengan kualitas yang kita tirukan. Ya, agar kita menjadi yang berbeda dan lebih baik. Kalaupun ada yang ingin dikurang pun karena kita rasa ada hal yang tidak sesuai dan lebih baik tidak ditirukan. 

N keempat adalah Nemokke
Temukan hal yang baru, dengan cara kita sendiri. :)

Sumber gambar : di sini dan di sini 

Post a Comment

Terimakasih udah mampir di blog ini, happy reading :)