curhatibu.com

[Edisi Ramadhan] 10 Tips Produktif di Bulan Ramadhan

Mungkin, sebagian besar dari kita kerap merasa khawatir dengan produktivitas kita saat Ramadhan, terutama pada awal-awal Ramadhan. Mari berikut adalah 10 tips yang dibagikan oleh produktivemuslim.com dalam salah satu artikelnya. 

1. Ikhlaskan niat; dan penuhi hari-hari dengan doa kepada Allah untuk memberkahi ramadhan kita
2. Buatlah perencanaan harian. Tentukan 3 (tiga) target yang akan kita lakukan esok hari. Lakukan setiap malam sebelum beranjak tidur. Kemudian, evaluasi / catatlah pencapaian pada hari itu pada note kita.
3. Jangan pernah melewatkan sahur. Bangunlah 1 jam sebelum fajar, dan makan dengan asupan gizi seimbang dan cukup.
4. Mulailah mengerjakan target harian setelah fajar. Upayakan, 1 atau 2 target telah dapat kita selesaikan pada waktu itu.


5. Tidur sianglah sejenak, tak lebih dari 20 menit, sebelum atau setelah dhuhur. 
6. Sesuaikan perencanaan kegiatan harian dengan waktu shalat
7. Beri waktu 1 (satu) jam per hari hanya untuk Al Qur'an
8. Berbukalah dengan kurma dan susu, atau kurma dan air; lalu shalat maghrib-lah, kemudian lanjutkan dengan makan
9. Ber-"Shadaqah Fisik"-lah. Misalnya dengan menjadi panitia iftar, penggerak kegiatan amal, membantu anak yatim, dsb. Dapatkan pahala dengan banyak membantu sesama. 
10. Jangan lewatkan kesempatan untuk berdakwah. Ketika ada orang yang bertanya mengapa kita tidak makan, berilah penjelasan yang cantik tentang Ramadhan dan Islam. 

Oke. Demikian tips yang semoga dapat kita laksanakan untuk Ramadhan yang lebih produktif tahun ini. Masih ada waktu beberapa saat, kita gunakan sebagai latihan guna menyambut Ramadhan. 

Sumber : di sini

Post a Comment

Terimakasih udah mampir di blog ini, happy reading :)