curhatibu.com

[Edisi Ramadhan] Kiat Menikmati Shalat Tarawih

sumber gambar
Ramadhan datang. Ramadhan, tidak hanya memberikan kemeriahan bersantap sahur, serta kenikmatan berbuka puasa di petang harinya; Ramadhan juga datang dengan satu aktivitas tambahan yang rutin dilakukan oleh seluruh umat Islam, yaitu Tarawih. Sebuah pemandangan yang menyejukkan, tatkala saling berjumpa dengan saudara seiman, wanita dan anak-anak bergegas menuju masjid seusai berbuka puasa, tingginya semangat bersenandung bersama lafaz salam bersahutan di udara. 

Namun sayangnya, kebahagiaan tersebut hanya berlangsung singkat. Semakin lama, semakin besar godaan untuk terus tegak berdiri menyambut seruan Tarawih itu. Masjid yang penuh di awal, kembali menjadi sepi, tak lama ketika bulan suci memasuki pekan kedua. Nah, ada beberapa kiat praktis, supaya kita tidak kehilangan momen berharga ini; momen saat pahala shalat kita dilipatgandakan oleh Allah Swt. 

1. Ingatlah bahwa Kesempatan Shalat Tarawih Hanya Ada Pada Bulan Ramadhan; Sekali dalam Setahun
Sebagian dari kita sering sekali menjadikan kerjaan, tugas sekolah, kuliah, atau banyak lagi hal yang lain sebagai alasan untuk kita tidak shalat tarawih. Pelan-pelan, hilangkanlah alasan-alasan itu, katakanlah pada diri sendiri, "Ini hanya setahun sekali!". Ya, bisa jadi kita tidak akan memperoleh kesempatan yang sama tahun depan. 
Abu Hurairah r.a. mengatakan bahwa Rasulullah bersabda, "Barangsiapa yang mendirikan (shalat malam) Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka diampuni dosanya yang telah lampau." (Shahih Bukhari : Volume 3, Book 32, Number 226)
Jadi, apa lagi alasan untuk mengabaikan kesempatan emas ini?

2. Bebaskan Diri Dari Stres Saat Pergi ke Masjid
Yakinkan bahwa semua pekerjaan telah terselesaikan sebelum kita berangkat shalat tarawih. Buatlah perencanaan harian, sehingga seluruh pekerjaan kita akan rapi terselesaikan; tanpa mengganggu kekhusyukan shalat tarawih. Namun, jika kita tidak bisa menyelesaikan seluruh tugas hingga waktu tarawih tiba, aturlah waktu setelah tarawih untuk menyelesaikannya. 

3. Berangkatlah ke Masjid Bersama Keluarga / Tetangga
Dengan cara ini, seseorang tidak akan mudah terlalaikan dari tarawih karena ketiduran, atau hal lain. Jika kita yang mengingatkan mereka untuk shalat tarawih, insya Allah, kita juga akan mendapatkan pahala  dari Allah juga. Selain itu, dengan berangkat bersama akan menambah semangat kita dalam beribadah. 

4. Berangkatlah ke Masjid Lebih Awal
Hal ini sangat penting. Jika kita baru sampai di masjid 5 menit sebelum shalat dimulai, kita akan terengah-engah, haus, dan bisa jadi tidak kebagian tempat, sehingga harus duduk di posisi yang tidak nyaman, ribut, panas, dan banyak gangguan selama tarawih. Jangan tidur setelah berbuka puasa; bersegeralah berangkat ke masjid. Sehingga kita tidak akan terengah-engah serta mendapatkan tempat yang nyaman untuk shalat. Gunakan waktu yang ada sebelum shalat untuk membaca Qur'an. 

5. Berbukalah dengan Makanan Ringan/Secukupnya
Memang kita telah menahan lapar seharian, dan pastinya saat melihat aneka hidangan lezat, mulut kita tak berhenti menyantapnya. Namun, hal itu tidaklah baik untuk kita. Efek negatif terhadap pencernaan lebih besar daripada efek positifnya. Hal ini juga bertentangan dengan sunnah, kan? Maka, berdamailah dengan perut dan makanlah secukupnya. Kita tentu tidak nyaman kan kalau shalat dalam kondisi kekenyangan. Nah, kalau kita masih butuh nutrisi/masih lapar, makanlah kembali setelah tarawih. 

6. Mengetahui Apa yang Sedang Dibaca Oleh Imam
Hal ini adalah tips penting untuk shalat tarawih kita. Kebanyakan, kita merasa lelah dan gelisah karena kita tidak mengetahui ayat yang dibaca oleh Imam. Bisa jadi ini mengganggu kekhusyukan kita beribadah. Beberapa hal yang bisa kita lakukan adalah : Prediksikan apa yang akan dibaca imam keesokan harinya. Tanya imam atau sekedar menebak. Nah, malamnya, bacalah terjemah dari ayat tebakan itu. Dengan begitu, shalat tarawih kita akan lebih terasa nikmat karena kita mampu memaknai / mengambil pelajaran dari yang dibaca. Selain cara ini, bisa juga dengan kita mengikuti kursus bahasa Arab dan belajar dasar-dasar bahasa Qur'an. Juga, ikutilah kajian-kajian tafsir untuk kita lebih merasakan keindahan Al Qur'an.

7. Jangan Melalaikan Shalat Fardhu
Shalat tarawih adalah shalat sunnah. Jangan sampai, euforia shalat tarawih ini menjadikan kita justru lalai menjalankan shalat wajib 5 waktu.

8. Hati-Hati dengan Naik-Turunnya Semangat
Biasanya, setelah separuh perjalanan Ramadhan, semangat mulai menurun. Hindarilah ini dengan senantiasa mencoba hal yang baru untuk menjaga semangat kita dalam melaksanakan shalat Tarawih. Misalnya : berangkat bersama sahabat, mengadakan ngaji bareng setelah shalat, membahas materi islam, diskusi, dsb. Dan yang lebih penting lagi adalah senantiasa ingatkan diri kita terkait mengapa kita tarawih, dan selalu  perbaharui niat setiap hari.

9. Air adalah Sahabat Kita
Bawalah sebotol air untuk menjaga kesegaran tubuh selama tarawih. Untuk lebih banyak kebaikan dan pahalanya, bawalah lebih untuk dibagi kepada jama'ah yang lain.

10. Tinggalkan Kegelisahan di Rumah
11. Berdoalah


Sumber : productivemuslim

Post a Comment

Terimakasih udah mampir di blog ini, happy reading :)