curhatibu.com

Panduan Terbaru Memasang Google Search Concole

Hai, Sobat Curhat Ibu! Kali ini, kita bakal bahas topik yang gak kalah penting buat para pemilik situs web, yaitu Google Search Console. Nah, Google Search Console ini tuh alat keren dari Google yang membantu kita memahami gimana sih performa situs web kita di mesin pencari terbesar di jagat raya. 

Kalo kamu punya situs web, pasti penasaran kan gimana cara pengunjung nyasar ke situsmu dan apa yang bisa kamu perbaiki biar situsmu makin keliatan? Di artikel ini, kita bakal jabarkan bagaimana cara pasang Google Search Console, membahas manfaatnya, apa aja yang bisa dilakuin di GSC, cara masuk ke konsolnya, dan juga cara memverifikasi situs webmu. 

Jadi, yuk, kita mulai petualangannya bareng alat keren ini!

Manfaat dan Fungsi Google Search Console

Emang kenapa sih kita harus memakai Google Search Concole ini, apa manfaatnya?

Analisis Kinerja Situs Web

1. GSC membuat kita bisa mengetahui tampilan hasil pencarian, atau dengan kata lain pemilik situs bisa melihat bagaimana situs mereka tampil dalam hasil pencarian Google. Tentu ini penting agar pemilik bisa mengevaluasi apakah judul dan deskripsi situs sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pengguna
2. GSC memungkinkan kita melihat kata kunci mana yang mengarahkan pengunjung ke situs, dan tentunya bermanfaat untuk kita mengoptimalkan konten dan menargetkan kata kunci yang relevan untuk perkembangan situs ke depannya. 

Mengatasi Masalah Teknis

1. GSC memberikan laporan jika ada kesalahan crawling, misalnya adanya halaman yang tidak dapat ditemukan/diakses oleh robot google. Nah ini akan membantu kita memperbaiki masalah teknis yang bisa mengganggu pengalaman pengguna
2. GSC memberikan peringatan jika ada masalah keamanan di situs kita, sehingga kita bisa segera memperbaiki masalah yang mungkin muncul. 

Meningkatkan SEO

1. GSC memberikan info tentang baklink yang ada di situs kita. Sehingga kita pun bisa melihat situs mana yang terhubung dengan kita, dan bisa memeriksa apakah tautan itu berkualitas atau tidak 
2. GSC memberikan data laporan perangkat seluler juga, sehingga kita bisa memastikan bahwa situs ini responsif dan dapat diakses di berbagai perangkat. 

Melacak dan Memahami Perilaku Pengguna

1. GSC memberikan laporan tentang statistik halaman mana yang paling sering dikunjungi, sehingga membantu kita memahami konten yang populer dan menarik perhatian pengguna
2. GSC memberikan data tautan keluar dari situs, sehingga kita bisa tau perilaku pengguna seperti tautan mana yang sering diklik oleh pengunjung. 

Keren, bukan? Tentu dengan adanya GSC ini, kita bisa mengoptimalkan kinerja dan pengalaman pengguna situs kita. 

Tutorial Cara Pasang Google Search Console

Memulai Google Search Console

Membuat akun google jika belum memiliki, lalu akses ke google search console (https://search.google.com/search-console/about)


Bisa juga kita mengakses Search Google Console melalui laman blogger kita. Buka bagian setting, dan pada bagian Crawlers and indexing klik Google Search Console. 

Lalu kita akan diarahkan masuk ke laman berikut. Pilih URL Prefix, masukkan alamat situs, dan continue. 

Lalu akan muncul pop up berikut tentang Verifikasi kepemilikan. Pilih go to property. 

Kita akan diarahkan ke laman untuk pengaturan verifikasi ulangnya. START

Verifikasi

Yaitu dengan cara klik bagian verifikasi kepemilikan

Maka muncul pernyataan bahwa "Anda adalah pemilik terverifikasi". Kita verifikasi lagi dengan klik bagian Analytics Google

Maka muncul pop up berikut, lanjutkan klik tombol Verifikasi

Dan berhasil. Pada bagian metode verifikasi sudah ada update status google analitik dan penyedia nama domain sudah "berhasil diverifikasi"

Menghubungkan dengan google analytics

Caranya dengan membuka akun google analytics kita. Masuk ke bagian admin, dan para product link kita pilih search console links

Lalu tambahkan link. Pilih (checklist) situs yang dimaksud. Lalu kita harus memilih Search Console Property, choose properties. Pilih akun kita, dan nanti akan muncul nama situs kita sudah tersambungkan. 
Kemudian, next. 

Web Stream. Pilih web stream kita. 




Selanjutnya review dan submit


Cek kita lihat di bagian search console link di google analytics, sudah muncul property kita.

Submit Sitemap

Caranya dengan membuka Google Console Search kita, lalu pilih bagian sitemap. Ketikkan sitemap.xml pada kolom add a new sitemap. Lalu submit. 
Jika berhasil, maka statusnya success
Setelah itu lanjut submit pages, dan feed. 


Indexing Sitemap. 

Yaitu dengan cara copas link salah satu artikel yang ingin diindex. Masuk ke URL Inspection, lalu masukkan link tersebut, dan request indexing. 

Penutup

Sobat Curhat Ibu, setelah berhasil memverifikasi kepemilikan situs web, hingga proses indexing ini, maka situs akan ditambahkan ke Google Search Console, dan kita akan dapat mengakses berbagai alat dan laporan yang akan membantu kita memahami kinerja situs web di mesin pencari Google. Jangan lupa untuk secara berkala memeriksa konsol ini untuk mengoptimalkan situs web  dan meningkatkan pengalaman pengguna.

2 comments

Terimakasih udah mampir di blog ini, happy reading :)