curhatibu.com

Kebangkitan Islam, Belajar dari Mesir, Turki dan Palestina#1


Saya ingin berkisah, ehm, lebih tepatnya mengisahkan ulang apa-apa yang saya tangkap dari kajian Ust Salim A Fillah di Masjid Baitul Maal, Kampus STAN, 19 Januari 2013 silam. 

Tema yang diangkat adalah "Kebangkitan Islam, Belajar dari Mesir, Turki dan Palestina". 

Ya, luar biasa memang, ketika kita membicarakan negara-negara tersebut. Kebangkitan yang kemudian membahana di sana. Tapi sayang, waktu yang singkat siang itu hanya cukup memaparkan kebangkitan yang terjadi di Palestina. 

Saudaraku, teman, sahabatku...
Tentang kebangkitan ini, Ustadz mengawali dengan menyebutkan dua atsar yang sama-sama shahih, tentang pemimpin dan masyarakat yang dipimpin.


Yang pertama, bahwa sebagaimana keadaan kalian, demikian pula pemimpin yang dikaruniakan kepada kalian. Ya, sangat tampak jelas (ini menurut saya -penulis- sendiri) jika kita bercermin pada kondisi negara ini. Ketika kita melihat banyaknya petinggi, pimpinan, pejabat yang banyak melakukan penyimpangan, alangkah baiknya untuk tidak menyalahkan mereka semata. Tapi salahkan diri kita, mungkin termasuk salah satu yang memilih mereka. Dan begitu pulalah cerminan masyarakat ini. Kecerdasan memilih, yang masih perlu untuk dipelajari. Khususnya, perbaikan diri yang utama. Supaya yang dipilih pun adalah orang-orang yang baik.

Yang kedua, bahwa pemimpin yang adil akan menyebarkan keberkahan untuk sekelilingnya. Ini pasti. Ketika pimpinannya adil, jujur, dapat dipercaya, dan yang pasti adalah beriman, keberkahan insyaAllah akan diberikan atas yang dipimpinnya. Betapa kisah Kepemimpinan Khalifah Umar bin Abdul Aziz cukup memberikan kita pelajaran. Tatkala ia memimpin, serigala pun enggan memangsa domba. Hingga suatu ketika seorang domba tertangkap serigala, seluruh masyarakat shock. Apa yang terjadi? Rupanya, pada hari itu, Amirul Mukminin, Umar bin Abdul Aziz telah wafat.

Semoga, saat ini, cerminan yang kedua akan dapat dirasakan oleh Mesir. Ya, dengan pemimpin yang luar biasa. Seorang Hafidz Qur'an. Sangat berharap demikian. Perubahan, sedikit demi sedikit, ke arah yang lebih baik.

Well.. saya tak bisa mengisahkan lebih jauh tentang Mesir, belum membaca secara rinci kisah Mesir terkini. Oke, selanjutnya adalah kisah tentang Palestina. Kisah yang diambil dari perjalanan Ust Salim ke Gaza akhir tahun 2012 lalu. Semoga banyak hal yang bisa kita ambil. Selanjutnya...

Post a Comment

Terimakasih udah mampir di blog ini, happy reading :)