curhatibu.com

Tiga Tipe Peserta #Prajab

Alhamdulillah... Tiga pekan yang luar biasa. 
Bersama PRAJAB II periode II :)
"19 Hari, Making Melodies in My Heart"

Banyak pelajaran yang kami dapatkan dalam prajab ini. Apa saja?

Semua peristiwa itu netral, positif negatif nya tergantung persepsi kita
Kata salah seorang pengajar diklat, ada tiga tipe peserta prajab, yaitu tahanan, turis, dan pembelajar

Seorang yang ber-tipe tahanan, adalah seseorang yang masuk ke lingkungan prajab bagaikan masuk ke penjara. Dipikiran dia adalah terkungkung, tidak bebas, bakal menderita, membosankan, jenuh, putus asa, bla bla bla. Negatiiiiif semua :) (catatan : tidak berlaku bagi orang-orang yang masuk penjara karena fitnah #eh, ga nyambung). Akhirnya, apa yang dilakukan dan dirasakan selama di 'penjara'? Jarang senyum, malas-malasan, masa bodoh dengan aturan, apalagi tugas/ujian. Empat 'L' bawaannya, letih, lesu, lemah, lunglai. Dan di pikirannya hanya satu, "Kapan ini prajab berakhir ya???". Tipe ini ada sekitar 30% dari keseluruhan peserta.

Tipe ke-dua adalah turis :) Tipe ini menduduki sekitar 60 persen dari total peserta. Siapa turis? Ya, ibarat seorang pelancong, bawaannya seneng. Menikmati setiap acara, foto-foto, makan-makan, tidur enak di tempat nyaman, baju di-laundry, tinggal duduk tenang saat pelajaran. Ngobrol ngalor ngidul, yang penting bareng-bareng ama temen-temen. Hasilnya? Ya, dia senang. Namanya juga turis. Dia sedih kalau prajab usai karena tidak bisa lagi makan gratis, tidur nyaman, dicuci-in, foto-foto. Haha.. Turis yang sedang melancong dari kejenuhan pekerjaan di kantornya. Gimana?

Nah, kalau yang ke-tiga itu tipenya PEMBELAJAR. Ini cuma ada sekitar 10%. Siapa mereka? Ya. Mereka adalah orang-orang yang dari awal diberitahukan akan prajab, di pikirannya adalah, "Apa yang nanti harus kupelajari di sana?", tekadnya adalah, "Saya harus lulus dengan nilai yang baik, berusaha maksimal!", upayanya adalah, "Saya akan membaca modulnya dulu, supaya lebih paham!", dan perilakunya di kelas adalah, "Saya harus aktif di kelas, supaya memperoleh ilmu lebih banyak!", dan seterusnya. 

Hehe.. Sekarang, yuk, tanya ke diri kita, kita tipe yang mana? Ehm.. tipe ini tidak hanya berlaku di prajab koq. Di semua diklat, pelatihan, kuliah, sekolah juga berlaku. Kita yang mana nih? Yang kesiksa, yang seneng-seneng, atau yang berjuang??? 

"Prajab itu netral. Positif negatif nya tergantung pada persepsi kita!"


sumber gambar : di sini

2 comments

Terimakasih udah mampir di blog ini, happy reading :)
  1. Kunjungan pertama di blog Windy.. Hehehe :D aku follow yaa :)

    ReplyDelete
  2. ikaaa... :) iyaaa... follow blognya ika juga ah.. :p

    ReplyDelete