curhatibu.com

Adab Menggunakan Handphone

sumber gambar
Sekarang ini, handphone sudah seolah menjadi alat wajib yang harus dimiliki dan senantiasa dibawa oleh tiap individu. Bahkan, jika seseorang keluar rumah sedang tidak membawa handphone, ada sesuatu yang kurang. Bahkan tidak dirasakan saat orang keluar, tapi tidak membawa iman. 

Berikut ini beberapa adab yang harus kita perhatikan dalam menggunakan handphone. Sehingga ia, yang telah senantiasa menjadi kebutuhan kita sehari-hari, berujung pada kebaikan kita.

Adab menggunakan handphone :

1. Gunakan untuk perkara-perkara yang ma'ruf

2. Mulailah setiap percakapan melalui handphone ini dengan salam
3. Perkenalkanlah diri kita; jangan menyamarkan identitas hingga membuat orang yang kita hubungi bertanya-tanya. Terlalu banyak orang yang menggunakan handphone untuk hal-hal yang salah.

4. Persingkatlah pembicaraan; gunakan sesuai kebutuhan dan jangan berlebih-lebihan. 

5. Janganlah menggunakan nada dering berisi lagu atau musik. Bahkan sebagian ulama melarang menggunakan ayat Qur'an sebagai nada dering. Bisa saja, saat nada dering ayat Qur'an itu berbunyi, kita putuskan begitu saja. Gunakan yang standar saja.

6. Bertaqwalah kita dalam menggunakan saja. Jangan gunakan untuk hal-hal yang menimbulkan murka Allah Swt. Jangan sampai ada gambar-gambar atau file yang tidak layak ditampilkan. Jangan menggunakannya untuk kejahatan atau merugikan orang lain. 

Jadi, harapan kita, handphone ini menjadikan sarana kita berbuat kebaikan; bukan kemungkaran dan kemaksiatan, atau kesia-siaan. 

sumber : radiorodja.com

Post a Comment

Terimakasih udah mampir di blog ini, happy reading :)