curhatibu.com

Mengaku Pengikut, Namun Tidak Mau Ikut Imamnya - Masail jahiliyah

Kebiasaan orang jahiliyah : menulis kitab yang batil, lalu disandarkan kepada Allah Swt. Ini menjadi alasan kita harus menyeleksi buku mana yang akan kita pilih. Termasuk, saat memilih majelis majelis ilmu; pilihlah majelis yang mendekatkan pada Allah. Belajar itu juga jangan asal membaca buku saja, melainkan harus dilihat baik-baik penulisnya, penerbitnya, penerjemahnya; apakah sudah selamat dari kebatilan atau tidak. 

Masail Jahiliah - 28 - Tidak Menerima Kebenaran Dari Selain Mereka (Larangan Fanatik BUTA)

Kebenaran hanya diklaim dari satu kelompok, dan menganggap yang selain dari golongannya adalah keliru/sesat. Sifat jahiliyah : mereka tidak menerima kebenaran, kecuali dari kelompok mereka saja. Sebagaimana firman Allah, "Mereka berkata, 'kami ini beriman terhadap apa yang diturunkan kepada kami'" Maksudnya : hanya diturunkan kepada Nabi Musa As. Perihal yang tidak ada pada nabi Musa, dan ada pada nabi Muhammad; tidak dipercayainya. Mereka fanatik terhadap Nabi Musa. Mereka mengkafirkan apa yang selain mereka, "Kami cuma beriman pada taurat yang diturunkan pada nabi kami! dan kami tidak beriman kepada kitab selain itu!" Padahal, Alquran itu datang membenarkan apa yang ada pada taurat. Dan sesungguhnya ini merupakan alasan saja supaya mereka bisa menolak kebenaran. 

Inti pembahasan ini, bahwa kita sebagai umat Islam, ajaran yang kita ikut adalah ajaran yang dibaca Nabi Muhammad Saw. Adapun jika ajaran tersebut dari pada imam, ulama, dll, maka mereka dapat diikuti jikalau sesuai dengan dalil quran dan hadits. Jika tidak sesuai dalil apa yang diinginkan Allah dan rasulnya, maka harus ditolak. Poin ini mengajarkan kita untuk tidak fanatik kepada ustadz/pengajian/kelompok tertentu. 

Mereka tidak mengamalkan perkataan orang yang mereka klaim yang mereka ikuti. Tapi ternyata perbuatannya tidak sesuai dg yang diperintahkan imam/tokoh tersebut. 

Post a Comment

Terimakasih udah mampir di blog ini, happy reading :)