curhatibu.com

Tips Belajar Kitab

  1. Luruskan niat. Niat utama adalah untuk memperbaiki amalan diri. 
  2. Rutinlah menghadiri kajian ilmu. Upayakan jika sudah punya jadwal kajian rutin, tidak pernah absen. 
  3. Kejarlah materi yang tertinggal saat kita tidak hadir
  4. Berikanlah coretan2/catatan pada kitab yang sedang dipelajari, jangan merasa sayang dengan buku itu. Catatan itu akan berguna saat kita mereview materi, atau mengajarkan kepada orang lain. 
  5. Hadirlah sebelum waktunya, supaya tidak ketinggalan sedikit pun materi dari al ustadz
  6. Tidak menyibukkan diri dengan urusan lain saat berada di majelis ilmu. Misal : tidak terlalu sibuk dengan pena (menulis yang tidak perlu/melakukan hal yang tidak perlu/berlebihan), tidak terlalu sibuk dengan salam sapa - lebih konsentrasi pada al ustadz. 
  7. Hendaklah menghadiri majelis ilmu yang sanggup untuk dihadiri. Tidak ada paksaan untuk datang karena memang sifatnya tidak mengikat. Namun, hadirlah sesuai kesanggupan. Para ulama ada yang menyelesaikan 1 kitab hanya dalam 3 pertemuan, dengan waktu seharian. Ada juga yang satu pertemuan hanya sebentar, membaca beberapa hadits saja. Maka hadirilah yang sesuai kesanggupan kita. 
  8. Beradablah tatkala menyampaikan pertanyaan kepada guru. Harus santun. Kadang ada pertanyaan yang memang isinya ingin tahu, namun kadang ada pertanyaan yang tidak penting/tidak manfaat untuk ditanyakan - misalnya "bagaimana sholat saya kalau saya tinggal di bulan?". Apalagi, pertanyaan yang tujuannya 'ngetes' sang ustadz. 
  9. Berusaha hadir di majelis dengan mencontoh akhlak baik dari guru. Dituntut orang yang belajar mengambil ilmu dan akhlaknya, yaitu akhlak yang baik. 
  10. Belajarlah bahasa Arab; bukan cukup bahasa arab speaking - tapi harus belajar nahwu dan sharaf. Belajarlah dari guru, untuk latihan baca kitab. Dasar ini dipelajari dulu, supaya bisa belajar dari ulama besar di arab sana. 

Post a Comment

Terimakasih udah mampir di blog ini, happy reading :)