curhatibu.com

Adab Komunikasi dalam WhatsApp - Faedah Kajian Ust Firanda

1. Jika ada perlu dg seseorang, maka (jika sekiranya kita mengetahui orang tersebut sibuk) jangan banyak basa basi. Misalnya chat hanya "assalamualaikum". Sebaiknya, langsung saja sampaikan apa keperluan Anda. Sehingga, ketika orang tersebut berkesempatan membuka HP, dia langsung tau maksud Anda, tanpa perlu melayani basa basi anda. Kecuali jika orang tersebut pasangan anda atau orang-orang dekat yg kita tau tidak masalah untuk berbasa-basi. 

2. Sebelum share sesuatu di grup, pikirkan terlebih dahulu; apakah informasi yg dishare akan berguna atau tidak, apakah memang perlu dishare atau tidak. Jangan sampai, kita share sesuatu yg tidak penting, sehingga membuat anggota grup terganggu atau tersita waktunya (meski 1-2 menit) sekedar membaca pesan tak penting Anda. 

3. Jika membagikan sebuah Link, sebaiknya dicantumkan judul link tersebut. Jangan sampai membuat orang penasaran, apalagi kecewa ketika membuka link, sedang link nya tidak sesuai ekspektasi orang tersebut (tidak penting bagi dia, atau berita2 yg sudah terulang2). Kita seolah sudah mengambil kuota internet orang tersebut, untuk hal yg tidak penting.

4. Jika ingin membagikan faedah, hikmah, nasehat; maka jangan terlalu sering. Jangan sehari 3 kali. Cukuplah 1x per pekan, itupun kita pilih faedah yg sekiranya dibutuhkan oleh kebanyakan anggota grup. Tidak semua faedah yg kita anggap manfaat, akan dibutuhkan juga oleh orang lain. Tidak semua nasehat yg kita anggap penting, menjadi penting juga bagi orang lain.

5. Pilih waktu yg tepat untuk membagikan informasi/berita. Share pada waktu yg sekiranya orang pegang HP, misal pagi, sore, menjelang tidur. Hindari waktu tengah malam atau waktu2 orang tidur. Jangan sampai kita mengganggu tidurnya, membangunkannya, karena HPnya bunyi, dan ternyata bukan sesuatu yg terlalu penting.

6. Jika Anda seorang akhwat, dan tergabung dalam grup berisi akhwat, lalu saling share foto akhwat, maka tidak boleh memperlihatkan grup tersebut kepada suami. 

(Catatan Adab komunikasi dalam WhatsApp, kajian ust Firanda A. )

Post a Comment

Terimakasih udah mampir di blog ini, happy reading :)