curhatibu.com

Jagalah Proses itu

"Ketika ku ingin keberkahan, maka aku harus berjuang menjaga prosesnya sehingga Allah ridha memberikan berkah itu padaku, pada kami" (Juni, 2012)

Ada sekian banyak perjuangan yang harus dihadapi : berjuangnya hati, emosi, jiwa, harta, keluarga, dan sebagainya.

Tidak serta merta terkait hasil. Ini terkait proses yg kita lakukan dalam mengikhtiarkan apa yang menjadi ingin. Maka, jalani proses itu sesuai aturan Allah. 

Kalau semata melihat hasil, bisa jadi yg kita dapat (nampak) sama. Namun rupanya Allah memberikannnya dengan cara berbeda.  Cara yg baik, lembut; atau sebaliknya. Kita tak pernah tau betul tentang itu. 

Yang membedakan (lagi-lagi) proses kita mendapatinya. Tatkala nyatanya sangat sulit memperoleh keinginan itu; jatuh bangun dibuatnya. Jangan langsung menganggap Allah tidak ridha. 

Pun sebaliknya, ketika semuanya lancar-lancar saja, jangan langsung 'membesarkan diri', lalu menganggap Allah pasti ridha. 

Memang, apa bedanya?

Lagi-lagi di proses. Apakah dalam proses itu kita jalani sesuai dengan hukum Allah, ataukah tidak. Jika kita taat pada rambu Allah, insyaAllah meskipun sulit, akan kita dapat cita itu nantinya. Kesulitan yg ada, bisa menjadi pelajaran yg Allah ingin kita pahami sebagai hikmah kehidupan.

Pun jika tidak bisa meraihnya, hati kita akan tetap tenang dan ridho. Mengingat bahwa semua telah dilakukan sebab cintanya pada Allah. Juga karena telah yakin, jika pada akhirnya hasil yg didapat tak sesuai ingin, bisa jadi memang itulah pilihan terbaik Allah untuk kita.

Post a Comment

Terimakasih udah mampir di blog ini, happy reading :)