curhatibu.com

Selalu Ada Yang....

Selalu ada yang bisa disyukuri, sepahit apapun kondisi kita saat ini. Selalu ada yang layak untuk disyukuri, setidaknyaman apapun rasa yang tengah dihadapi.

Aku dan kamu, harus belajar menyadari. Bahwa apa yang kita hadapi tak seburuk dengan yang dahulu terbersit di dalam angan diri. Aku dan kamu, harus belajar berintrospeksi, bahwa kesulitan mungkin datang karena maksiat diri.

Selalu ada yang bisa membuat tersenyum, meski sekedar melihat tawa anak tanpa dosa. Lepas, tanpa beban, tak seperti kita, orang yang lebih dewasa. Selalu ada yang membuat hati menentram, meski sekedar meyakinkan diri bahwa fisik jiwa tengah sedang tak ada masalah, baik-baik saja.

Aku dan kamu, harus belajar untuk tidak menghakimi keadaan. Apalagi, menyalahkan pilihan masa lalu, yang tentu tak bisa kembali diputar ulang. Aku dan kamu, harus belajar untuk menerima, bahwa setiap yang tengah dijalani saat ini tak lepas dari ketentuan Tuhan Semesta Alam, yang telah tertulis jauh sebelum bumi tercipta.

Selalu, memang, ada masa ketika jiwa mengkerdil. Masa ketika semangat tiba-tiba lenyap. Masa ketika kejenuhan melanda, rasanya ingin tidak berbuat apa-apa, saking lelahnya. Selalu, memang, ada masa ketika kita akan membayangkan kemungkinan takdir lainnya, yang kita rasa lebih nyaman dan enak dijalani; lalu sukses mengutuki apa yang ada.

Aku, dan kamu, memang harus lebih belajar menerima itu semua. Bukan menyangkalnya, menganggap tak ada; padahal siklus itu sangat mungkin terjadi, bahkan pasti. Pertanyaannya, apakah aku dan kamu mau menyadarinya? Apakah aku dan kamu mau mengakuinya? Apakah aku dan kamu mau menerima masa itu dengan tanpa penolakan apalagi pengabaian?

Untuk diresapi, apa yang harus diperbaharui, diperbaiki, disegarkan, dan kembali dibangkitkan. Untuk dicari tahu, mengapa bisa begitu, dan langkah apa yang perlu dilakukan untuk melewatinya tanpa perlu banyak waktu. Untuk disusun strategi, menyelesaikannya, lalu berhasil menambah satu dua pelajaran baru atas ujian pada naik turunnya fase kehidupan itu.

Ya, sudah, itu saja :)

Post a Comment

Terimakasih udah mampir di blog ini, happy reading :)