curhatibu.com

Ibu Blogger pun Perlu Memahami Manfaat SEO on Page

Manfaat SEO On Page untuk Ibu Blogger

Blog bagi seorang ibu saat ini bukan sekedar untuk berbagi cerita dan menulis catatan harian. Ada lebih banyak pesan dan info bermakna yang bisa dibagikan di sana. Tentang urusan memasak, tips berbenah, ilmu parenting, keseharian mengurus rumah tangga, manajemen kegiatan harian, aktivitas mendidik dan mendampingi anak-anak, dan ragam sharing pengalaman yang sangat dibutuhkan oleh para ibu lain yang membacanya. Namun, akan sangat disayangkan, jika artikel dalam blog Ibu yang sudah tertulis rapi dan menarik tidak mendapat pembaca yang tepat dan banyak karena tidak memahami manfaat dan penerapaan teknik SEO On Page di dalam blog. 

Mengapa Harus Paham Seo On Page?

Ya, bukan hanya para profesional, influencer, penggerak media massa yang pelu memahami ini. Kita pun, yang memutuskan menjadi mom blogger, ibu blogger, harus mengerti bahwa tulisan dan blog butuh dioptimasi agar jangkauan pembaca dan manfaatnya makin besar, makin luas, makin menginspirasi dan tentunya bisa saling mendukung dengan sesama ibu yang tengah menggeluti profesi yang sama. 

Apa itu SEO On Page?

Secara singkat, SEO on page ini merupakan cara kita memahami kata kunci yang relevan dengan tujuan penulisan, memilih judul yang menarik pembaca, struktur heading - sub heading yang baik, adanya internal link, meta deskripsi, keterangan gambar, serta berbagai perangkat lain. Ibu tidak perlu khawatir. Setiap hal di atas bisa kita pelajari satu per satu, supaya artikel kita teroptimasi dengan baik. 

Apa Manfaat SEO on Page?

Jika mau ditilik lebih rinci, ada beberapa manfaat mengapa SEO on Page ini perlu diterapkan oleh Ibu di blognya. Secara singkat, dijelaskan sebagai berikut : 

  • Lebih Terlihat di Mesin Pencari

Saat kita mengetikkan 1 kata kunci di mesin pencari, kita akan menemukan ratusan hingga jutaan artikel. Artikel itu oleh google diurutkan sedemikian rupa, sehingga ada artikel yang berada di halaman pertama, kedua, dan seterusnya. Optimasi SEO On Page ini membuat blog Ibu bisa masuk ke halaman awal. Dengan mendapat posisi itu, kemungkinan di-klik oleh pencari artikel tentu lebih besar. Blog Ibu akan lebih mudah ditemukan. 

  • Manfaat Bisa Tersebar Lebih Luas

Ya, Ibu Blogger tentu menulis bukan untuk diri sendiri. Kita menulis untuk dibagikan dan diambil manfaat oleh sesama Ibu di luaran sana. Ketika SEO on Page ini berjalan dengan baik, blog yang sudah kita bangun dan isi dengan ragam artikel bermanfaat akan jauh lebih luas jangkauannya. Semakin banyak ibu yang bisa menemukan blog kita, semakin banyak manfaat yang insyaallah kita bisa hadirkan dengan adanya blog tersebut. 

Misalnya dengan kita membagikan alasan atau motivasi menjadi seorang Ibu rumah tangga. Seperti dalam artikel ini  bisa kita perluas audience nya. Sehingga para ibu yang lagi butuh motivasi atau suntikan semangat, bisa kembali happy dan mood lagi.

  • Target Audience Lebih Tepat

Sebagai penulis blog, kita memiliki niche yang mentarget audience tertentu. Seperti blog ini, mentarget para ibu rumah tangga yang tengah menjalankan amanah besar mengelola kehidupan di rumahnya. Maka, dengan penerapan SEO on Page yang optimal, blog bisa mengarah ke target yang tersegmentasi itu. Para ibu yang tengah berjuang bersama akan lebih mudah menemukan blog kita ini. Dengan begitu, artikel ibu bisa lebih terasa manfaatnya - karena diterima oleh orang yang tepat

  • Peluang Cuan Lebih Besar

Dengan sering "muncul" di mesin pencarian, traffic pengunjung pun besar. Peluang mendapat cuan dari monetisasi pun jadi semakin terbuka. Bisa dari adsense, endorse, afiliasi, jualan produk digital, hingga bisa jadi Ibu diundang sebagai pembicara untuk acara sharing session karena panitia mengetahui track record pemikiran dan ide yang ibu munculkan dalam blog Ibu. 

  • Personal Branding Lebih Mudah Terbentuk

Biasanya, website/blog yang muncul di halaman awal mesin pencari akan selalu lebih sering dikunjungi oleh pembaca. Selain karena lebih mudah kliknya (karena di awal), ada anggapan bahwa artikel yang muncul di halaman awal itu berasal dari penulis yang memang ahli membahas masalah itu (expertise). Ada beberapa blog Mommy yang berada di halaman awal akhirnya cukup diterima penjelasan di dalamnya sebab dianggap disampaikan oleh ahlinya. Dengan blog Ibu dioptimasi SEO on Page nya dengan baik, peluang itu tentu lebih besar bisa Ibu peroleh. 

Teknik Optimasi Seo On Page Sederhana

Setelah mengetahui dan memahami manfaat yang bisa Ibu dapatkan dengan optimasi SEO on Page di blog, langkah apa yang bisa Ibu lakukan? Yuk mulai dengan beberapa teknik sederhana berikut :

Memahami manfaat SEo on page dan tekniknya

  • Tentukan Kata Kunci Yang Tepat

Menjadi Ibu Blogger bukan sekedar menulis sekenanya. Tulislah sesuatu yang sekiranya dibutuhkan oleh para Ibu di luaran sana. Pilih kata kunci yang tepat, yang menggambarkan manfaat apa yang bisa didapat oleh para Ibu yang membaca artikel kita. Misalnya gunakan kata kunci, "Tips mengurus anak balita tanpa ART". 

Kata kunci ini harus muncul di beberapa posisi, yaitu pada penulisan judul, sub judul, paragraf pertama, meta deskripsi, alt gambar, dan tentunya konten utama serta simpulan. Upayakan sering muncul, Namun bukan berarti kita tulis mentah-mentah, "Tips menurus anak balita tanpa ART". Berikan kata penyerta yang membuat kalimat lebih menarik untuk dibaca. Misalnya di judul, "Lakukan 5 Tips Mengurus Balita Tanpa ART ini! Dijamin Happy Seharian."

Ibu bisa mengkombinasikan ragam kata dan kalimat bersama kata kunci, agar tetap terlihat padu dan mengalir dibacanya.

  • Optimasi Pemilihan Judul

Seperti poin pertama, tentang kata kunci, pemilihan judul yang menarik penting sekali. Namun jangan sampai judul click bait, atau berlebihan. Judul click bait hanya akan membuat pembaca kapok mampir ke blog. Judul berlebihan akan membuat pembaca kecewa karena ternyata isinya kopong - tidak ada. Gunakan judul yang mengandung kata kunci. Ingat, bukan hanya kata kunci. Berikan kata "pendamping" lainnya. 

Jika judul artikel menarik, tentu kemungkinan dibuka oleh pembaca di halaman mesin pencari lebih besar.

  • Gunakan Struktur Heading Yang Tepat

Penting menerapkan heading-subheading ini di dalam penulisan artikel. Artikel seperti ini akan lebih mudah dipahami arah tulisannya. Mesin pencari pun lebih bisa membaca isi halaman dengan tepat. Pembaca mudah mengerti poin per poin bahasan di artikel. 

  • Content is A King

Mau sebagus apapun urusan SEO on Page, jika konten yang kita buat itu sampah - tetap aja pembaca akan kapok datang lagi. Konten harus berkualitas. Konten harus mengandung manfaat -sesuai judul. Konten harus relevan dengan target audience. Konten harus mengandung solusi dari permasalahan yang tengah dibahas. Konten harus mudah dipahami dengan bahasa yang sederhana dan tidak bertele-tele. Konten harus mengandung informasi yang dalam, atau luas, rinci, sehingga akan memperkaya pembacanya. 

Biasanya, ketika konten berkualitas, pengunjung akan mengunjungi link artikel lain di blog tersebut. Atau bisa jadi, link blog kita dijadikan backlink oleh situs lain. Dengan begitu, otoritas blog kita pun lebih tinggi di mata mesin pencari

  • Pastikan Halaman Bisa Diakses Dengan Mudah dan Cepat

Penting juga membuat halaman kita "sederhana" sehingga loading-nya bisa cepat. Apalagi target audience kita adalah ibu-ibu dengan seabreg urusan. Akan sangat menjengkelkan saat tengah mencari informasi resep memasak di blog kita, misalnya, waktu untuk membuka 1 halaman resep bisa sampai 1-2 menit. Padahal Ibu butuh kerja cepat. 

Perlu juga untuk memastikan artikel/blog kita enak dibaca via mobile. Para ibu yang membaca artikel sejenis biasanya kesulitan untuk berada di depan komputer untuk scrolling artikel. Kebanyakan, para Ibu akan menggunakan HP-nya. Maka, jika blog kita tidak ramah mobile, tampilan artikel bisa jadi berantakan, tulisan mungkin tidak terbaca, atau ada bagian-bagian penting dari blog tidak bisa diakses oleh pembaca - kan sayang. 

Masih ada banyak hal yang bisa dikulik dan dipelajari tentang SEO on page ini. Para ibu blogger bisa membuka salah satu laman blog yang membahas lengkap tentang SEO ini di sini 


Penutup

Memiliki konten menarik dan berkualitas adalah capaian luar biasa untuk kita di dalam dunia tulis menulis. Sebab memang konten adalah rajanya. Namun, jika konten bagus itu hanya bisa dibaca oleh Ibu - yang menulis saja - tentu goals dalam sharing informasinya tidak bisa tercapai. Inilah mengapa SEO on Page menjadi teknik yang perlu untuk dipahami dan diterapkan oleh para Ibu Blogger. Berbagai manfaat dan teknik penerapan sudah dibahas di atas. Tinggal eksekusi, dan semoga manfaat yang ingin kita bagikan, yang ingin Ibu share ke para ibu lainnya, bisa optimal dan luas jangkauannya.

Bagaimana pendapat Ibu Blogger tentang SEO On Page? Kira-kira, bagian mana yang ingin diterapkan dalam artikel? Share manfaat yang pernah dirasakan jika sudah pernah menerapkannya di artikel, di kolom komentar. 

Terimakasih, Para Ibu Blogger

14 comments

Terimakasih udah mampir di blog ini, happy reading :)
  1. Mengulik seo on page itu seru dan mendebarkan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul kak. rada puyeng juga. tapi pelan pelan we kita pelajarin dan praktekkan, semangat ibuuu

      Delete
  2. Click bait yang gak nyambung antara judul dan isi itu bikin esmosi 🙈😪 big no no, deh buat ibu blogger.

    ReplyDelete
  3. bener juga ya, halaman harus cepet loadingnya, yg blm jd Ibu aja pengennya serba cepat, apalagi Ibu yang lebih rempong

    ReplyDelete
  4. Sampai saat ini masih berjuang mencari feel yang tepat..masih bingung

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Bener sekali Kak. Memberi manfaat kepada banyak orang melalui konten tulisan perlu memperluas jangkauan web, caranya dengan SEO ini. Jadi belajar terus nih tentang SEO ini dan membuat konten berkualitasnya :)

    ReplyDelete
  7. Ibu² blogger merasa sangat terbantu nih kak... trnyata nulis
    di blog bnyak ilmunya jg y . Terimakasih kak.

    ReplyDelete
  8. Baca artikelnya rasanya jadi lebih jelas tentang SEO.
    Sebagai penulis blog ternyata SEO ini sangat penting perannya di dalam blog.

    ReplyDelete
  9. Perjuangan memberi manfaat itu ternyata nggak cuma mengolah artikelnya saja tapi harus bisa memasarkannya juga. Dan itu menantang sekaliiii

    ReplyDelete
  10. Berbagi manfaat itu ternyata ada ilmunya juga ya.. makasih kak Windy

    ReplyDelete
  11. Prepare buat menebarkan manfaat dengan belajar SEO on page. Supaya sampai kepada pembaca ya kak. Meskipun puyeng diawal-awal hahah

    ReplyDelete