curhatibu.com

Sekolah Strategi Indonesia dan "The President Maker"


Selamat datang di materi I #SSI

Mari melangkah ke tahap pertama: Berpikir Besar!

 “Think BIG, Start Small!”

Itulah kalimat pertama yang diungkapkan Pak Bambang untuk memulai perkuliahan perdana ini.  Tidak ada manusia yang langsung menjadi besar ketika baru dilahirkan. Karena itu, dengan pemikiran yang besar, kita mulai dengan yang kecil.

~~~
Sebelum berbicara lebih jauh, perlu kita ketahui bahwa berpikir itu penting. Ada pepatah, “What you think is what you are.” Perhatikan saja, orang-orang yang besar pasti punya pemikiran yang besar. Pasti!

  • Pada zaman sebelum Indonesia ada, kita bisa menemukan patih Kerajaan Majapahit, Gajah Mada, yang memiliki tekad yang sangat besar untuk menaklukkan seluruh nusantara.
  • Beberapa puluh tahun kemudian, kita kenal Bapak Sukarno yang memiliki pemikiran menjadikan sebuah negara merdeka, bebas dari jajahan orang-orang asing. (Dewasa ini kita sering pula mendengar seruan yang terkenal dari bung Karno, “Gantungkanlah cita-citamu setinggi langit!”)
  • Dalam buku The Rising American Empire, dituliskan bahwa para pendiri Amerika awalnya sudah mengutarakan, “I want to be an emperor. I want this to be an empire!” Karena itu lah mereka kemudian bisa menjadi negara besar dan maju.
  • Contoh lain yang begitu dekat dan nyata adalah kisah Pak Bambang Priyatna sendiri. Beliau bercerita bahwa beliau sejak kecil sudah punya mimpi yang besar: menjadi RAJA. (Bayangkan, seorang anak seumuran SD sudah punya mimpi jadi Raja!). Berbekal mimpi besar itu, akhirnya beliau dari SD, SMP, hingga SMA selalu jadi ketua kelas. Ketika kuliah pun terpilih menjadi ketua Senat. Sekarang, setelah sukses menjadi pendiri sekolah ISMMED, beliau tetap memelihara mimpinya.
Karena ketika kita ingin ‘mewarnai’, ketika kita ingin membawa perubahan, maka kita harus menjadi pemimpin (terlebih dulu),” kata pak bambang.

Begitulah ternyata. Think big! Pikiran begitu mempengaruhi tindakan. Tindakan itulah cara; tindakan itu lah strategi.


Jadi mari kita lihat ke diri kita masing-masing. Pernahkah kita berfikir untuk: menaklukan Indonesia? membebaskan Indonesia dari 'jajahan' ? atau menjadi raja? haha. Jika belum pernah, maka berfikirlah dan bayangkanlah.

mumpung masih gratis

(diambil dari resume panitia SSI)

Post a Comment

Terimakasih udah mampir di blog ini, happy reading :)