curhatibu.com

Kuingin Waktuku jadi Jembatanku Menuju Surga


Buku yang menarik. Bagus. Kata teman, “inspiring!”. Sepertinya, memang demikian adanya. Singkat. Tidak terlalu tebal memang. Tapi, Ir. Abduldaem Al Kaheel, penulis buku yang diberinya judul, “Kuingin Waktuku jadi Jembatan Menuju Surga”, berhasil merangkup metode sederhana manajemen waktu. Sederhana, tapi maknanya luar biasa. Mengapa? Karena metode yang dipakai berdasarkan Al Qur’an.

Penulis rupanya sangat cinta dengan Al Qur’an. Wallahu alam, hanya Allah yang tahu seberapa kadar cintanya pada Al Qur’an. Terlihat, bahwa setiap waktu yang tertulis dalam metodenya adalah waktu yang penuh keberkahan. Ia menyebutnya begitu. Karena Al Qur’an selalu ada di setiap langkah 24 jam setiap harinya. Hal itu membuat manajemen waktu yang berkah dan berhasil mengantarnya menghafal seluruh isi Al Qur’an, serta menjadi penulis buku-buku yang menguraikan hikmah/keajaiban ayat cinta Allah.

Buku ini dibagi menjadi beberapa bagian. Tidak secara Nampak, sebenarnya. Karena buku ini disusun oleh judul-judul bab, yang enak dibaca. Ya, karena tulisan tiap babnya hanya 2-3 halaman kertas ukuran 12,3x17 cm. Pendek kan? Tapi, kalau tiap bab nya berhasil kita aplikasikan satu per satu, rasanya bukan tidak mungkin waktu kita benar-benar akan menghantarkan kita ke surga. Itu yang kita harapkan, dan pastinya penulis harapkan, bukan?

Sekilas isi buku ini, terbagi menjadi bagian pendahuluan (alasan penulisan buku), manfaat manajemen waktu, tahapan manajemen waktu, dan beberapa tips jitu dalam manajemen waktu.

Pada bagian pendahuluan, disebutkan bahwa penulis menulis buku ini karena ingin menyusun suatu buku yang menjelaskan manajemen waktu, bukan untuk kepentingan dunia. Maksudnya, bukan untuk tujuan kebaikan di dunia (saja), melainkan lebih kepada manajemen waktu agar kita selamat di akhirat nanti. Penjelasan atas itu semua diperoleh penulis dari kitab Allah, Al Qur’anul Karim.

Manajemen waktu memang berat. Namun, “…sekali Anda telah mulai menyusuri jalan ini, jalan manajemen waktu, Anda akan menemukan misi ini jauh lebih mudah dan lebih mudah dari yang Anda bayangkan”. Maka, demi kehidupan di akhirat, yang kita dibatasi oleh akhir usia, semestinya, keinginan mendapat ridha Allah itu menjadi tujuan utama. Sehingga, waktu kita dapat kita manaje dengan baik.

Tentang manfaat yang akan didapat dari manajemen waktu, sangat banyak.

“Kebahagiaan benar-benar terikat degan apa yang dipersembahkan seseorang dan manfaat apa yang telah ia lakukan. Maka memanfaatkan waktu itu adalah kunci kebahagiaan sejati”

“Cara paling baik untuk menaklukkan problem ini (masalah psikologis) adalah degan mengosongkan bagian waktu dalam hidup kita untuk diberdayakan melalui perenungan terhada ayat Al-Qur’an atau dengan mendengarkan bacaan tilawah Al Qur’an.”

“Karenanya, semakin amal yang lebih baik, maka otak Anda akan lebih tertata. Dan akibatnya, keputusan yang Anda ambil lebih dekat pada yang benar.”

“Pengelolaan waktu yang baik untuk mencari ridha Allah, akan menambah rizki untuk Anda, dengan izin Allah Swt.”

Manajemen waktu akan mampu meningkatkan produktifitas kerja dalam waktu yang relative singkat. Mampu memberi solusi. Mampu menanamkan stabilitas individu dan social. Menciptakan hidup baru. Ingat semut, tak ada sedetikpun waktu yang dimilikinya, tanpa aktivitas yang bermanfaat.

Ada beberapa tahapan manajemen waktu yang harus dilakukan, sebagai berikut :
  • Tahap pertama : menganggap bahwa waktu hidup anda di dunia sangat terbatas dan hanya satu kali
  • Tahap kedua : tsiqah (yakin dan percaya) pada Allah
  • Tahap ketiga : bermohon sungguh-sungguh pada Allah

Tips dan Triks Manajemen Waktu:
  • Hitunglah waktu efektif Anda dalam satu hari
  • Manfaatkan waktu saat tidur
  • Optimalkan waktu saat kerja
  • Merenungi perjalanan bersama waktu
  • Hindari hal-hal yang merusak waktu Anda
  • Banyaklah doa, karena ia jalan pintas investasi waktu
  • Tawakkal pada Allah
  • Penuhilah hidup dengan kata-kata yang baik
  • Memaafkan, adalah cara efektif memanfaatkan waktu
  • Praktekkan prinsip pemisahan
  • Arahkan pikiran pada yang positif
  • Komitmenlah pada waktu Anda

--------------------------------------------------------------------------------------------
Penjelasannya dapat dilihat dengan membaca buku yang bagus ini! Insya Allah, semoga upaya kita senantiasa memperbaiki diri, mendapat keberkahan dan keridhaan dari Allah. Salah satunya memperbaiki upaya kita memanfaatkan waktu yang sempit ini untuk sebesar-besarnya kemanfaatan di hari pembalasan nanti.

Post a Comment

Terimakasih udah mampir di blog ini, happy reading :)