curhatibu.com

Cahaya di Atas Cahaya - Tafsir An Nuur 35

Allah adalah cahaya langit dan bumi yang mengatur urusan-urusan keduanya.
Dia memberi hidayah kepada makhluk yang ada di langit dan di bumi. Sesungguhnya Allah adalah cahaya, dan tabir-Nya juga cahaya.

Dengan cahaya-Nya, seluruh makhluk yang ada di langit dan bumi mendapat petunjuk. Kitab Allah adalah cahaya. Utusan Allah adalah cahaya. Dan hidayah-Nya adalah cahaya. Dengan cahaya Allah, kegelapan pun menjadi terang, langit dan bumi bersinar, dan semua alam semesta menjadi terang benderang.

Perumpamaan cahaya Allah yang dapat memberi hidayah, yakni iman dan al-Qur’an yang tertanam di dalam hati orang-orang beriman, adalah laksana sebuah lubang yang tak tembus di dinding dan di dalamnya terdapat pelita penerang.

Lubang yang tidak tembus itu dapat menyatukan cahaya pelita sehingga cahayanya tidak berpencar dan sinarnya menjadi sangat terang. Pelita ini berada di dalam kaca. Kaca ini laksana bintang yang bercahaya, gemerlap bagaikan mutiara karena begitu terangnya.

Lentera yang terang ini menyala dengan bahan bakar minyak pohon yang penuh berkah, yaitu pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah Timur sehingga sinar matahari tidak dapat menerpanya di sore hari, dan tidak pula di sebelah Barat sehingga sinar matahari tidak bisa sampai kepadanya di waktu pagi. Namun, pohon zaitun ini berada di tengah-tengah bumi, tidak ke Timur dan tidak pula ke Barat. Pertumbuhan pohon itu sempurna, naungannya rindang, dan buahnya matang. Minyak pohon itu sendiri sangat terang bersinar karena begitu jernih sebelum ia disentuh oleh api. Ketika api menyentuhnya maka cahayanya pun semakin terang dan sempurna. Itulah cahaya di atas cahaya, yaitu cahaya yang ditimbulkan oleh minyak di atas cahaya yang ditimbulkan dari api.

Inilah perumpamaan hidayah Allah yang bercahaya di dalam hati orang yang beriman dengan cahaya fitrah dan cahaya wahyu. Allah membimbing hamba-hamba-Nya kepada keimanan dan pemahaman terhadap al-Qur’an. Allah membuat perumpamaan ini bagi manusia agar mereka dapat memahami hukum dan permasalahan.

Allah Maha Mengetahui segala sesuatu yang tampak maupun yang samar, serta apa yang ditampakkan maupun yang dirahasiakan.”

Post a Comment

Terimakasih udah mampir di blog ini, happy reading :)