curhatibu.com

Resume Kajian Tafsir Surat Maryam ayat 6 - 15 Ust Abdullah Hadrami

Ya zakariya, sesungguhnya Kami memberi kabar gembira kepadamu akan beroleh anak yang namanya Yahya, yang sebelumnya Kami belum pernah menciptakan orang yang serupa dengan dia. Zakariya berkata, "Ya rabbku, bagaimana akan ada anak bagiku, padahal istriku mandul dan aku sendiri sesungguhnya sudah mencapai umur yang sangat tua." Dia berfirman, "Demikianlah." Rabb-mu berfirman, "Hal itu adalah mudah bagiKu dan sesungguhnya telah Aku ciptakan kamu sebelum itu, padahal kamu di waktu itu belum ada sama sekali" (ayat 7 s.d 9)
Tujuan Nabi Zakariya memiliki anak adalah supaya ada pewaris kenabian; bukan warisan harta. Para nabi itu tidaklah mewariskan harta, sementara harta yang ditinggalkan adalah shodaqoh, ilmu. Siapa yang mengambil ilmu itu, maka ia telah mengambil bagian yang banyak dari warisan itu.  

"Jadikanlah ia seorang yang diridhoi" - salah satu doa yang dipanjatkan Zakariya. Ia ingin punya anak yang soleh, yang menjadi nabi, yang dirihoi Allah dan makhluk - sifat terbaik pada seorang anak. 

Dan Allah memberikan rizki kepadanya, anak yang sholeh, yang terkumpul padanya sifat-sifat terpuji. Yaitu pada ayat ke-7. Malaikat jibril memberi kabar bahwa doanya dikabulkan oleh Allah. 
Ya zakariya, sesungguhnya Kami memberi kabar gembira kepadamu akan beroleh anak yang namanya Yahya, yang sebelumnya Kami belum pernah menciptakan orang yang serupa dengan dia. 
Doa Nabi Zakariya dikabulkan, akan beroleh anak lelaki; bahkan Allah langsung yang memberinya nama. Yahya - artinya hidup. Hidup - sempurna, badannya hidup. Hidup - secara maknawi - Allah menjadikan hati dan ruhnya hidup, sebab wahyu, ilmu dan agama yang diberikan Allah padanya. Orangnya benar-benar hidup, hatinya pun hidup.  

Senjata kita adalah doa. Dengan kondisi Nabi Zakariya demikian, Allah berkenan mengabulkan doanya. Jangan pernah putus asa berdoa kepada Allah, itulah senjata kita. 

Yahya - nama yang pertama kali ada, dan juga belum pernah ada seorang - pun seperti yahya (maksudnya : belum pernah ada perempuan mandul yang melahirkan seperti yahya). Berbeda dengan kisah nabi Ibrahim, yang juga sama-sama sudah tua, namun belum pernah disebutkan bahwa Sarah mandul. Maka, kelahiran Yahya ini merupakan yang pertama lahir dari perempuan mandul. Kuasa Allah. 

Allah kuasa menciptakan semuanya dg kondisi apapun sesuai kehendakNya : 
  1. lahir tanpa ayah - ibu : nabi adam
  2. lahir diambil dari rusuk adam : hawa
  3. lahir tanpa ayah : nabi isa
Zakariya bertanya-tanya bagaimana bisa memiliki anak, padahal istrinya mandul, dan dirinya sudah sangat tua. Menurut perhitungan manusia, tidak mungkin bisa punya anak lagi karena terkumpul 2 hal pada beliau - dirinya tua dan mandul istrinya. Begitulah kuasa Allah. Bukankah sebelumnya Allah menciptakan sesuatu yang tidak ada menjadi ada. Maka sangat mudah bagi Allah. 
Zakariya berkata, "Ya Rabb-ku, berilah aku suatu tanda." Dia berfirman, "Tanda bagimu ialah bahwa kamu tidak dapat bercakap-cakap dengan manusia selama tiga malam, padahal kamu sehat." Maka ia keluar dari mihrab menuju kaumnya, lalu ia memberi isyarat kepada mereka, hendaklah kamu bertasbih di waktu pagi dan petang. (Ayat 10-11)
Zakaria masih keheranan, ia meminta tanda bahwa ia bakal punya anak, supaya lebih mantap - bukan tidak percaya pada Allah. Ini seperti kisah nabi ibrahim yang meminta bukti bahwa Allah bisa menghidupkan yang mati. Ibrahim sudah mantap, sudah yakin - tidak ragu ; tapi ingin semakin memantapkan keyakinannya.

Tingkatan ilmu itu ada 3 :
  • ilmul yaqin - sekedar ilmu pemahaman
  • ainul yaqin - sudah melihat sendiri
  • haqqul yaqin - tidak hanya melihat, tapi merasakan
Contoh : jaman dulu saat belum ada televisi, orang jamaah haji pulang ke indonesia, mengatakan kepada jamaah indonesia bahwa di Mekah ada ka'bah. Sehingga orang yang belum pernah ke Mekah punya ilmul yaqin, yakin di sana ada kabah. Saat orang indonesia ini pergi ke masjidil haram, melihat dengan mata, Kabah dari jauh - ainul yaqin. Nah, kemudian ia mendekat ke kabah, sampai mencium hajar aswad - ia sampai merasakannya, haqqul yaqin. 

TANDA dari Allah untuk Zakariya : dia tidak bisa berbicara 3 malam, 3 hari. Ia tidak bisa berbicara, tapi kalau tasbih/dzikir ia bisa. Ini kuasa Allah. Bicara dengan manusia tidak bisa, bicara dengan Allah bisa (melalui tasbih, dzikir, dll). Zakariya berbicara dengan manusia menggunakan bahasa isyarat. 

Allah memerintahkan kita berdzikir, terutama dzikir pagi dan dzikir sore. Dzikir pagi sebelum matahari terbit. Dzikir sore sebelum matahari terbenam. Ada kitab bagus : hisnul muslim. Dzikir yang paling ampuh membersihkan jiwa adalah kandungan dzikir yang dari quran dan sunnah. Dzikir ada juga yang disusun oleh para ulama. Namun, dzikir yang utama adalah yang berasal dari quran dan sunnah - ia singkat, namun maknanya sangat padat. Contoh : doa kepada orang tua yang dari quran, "Robbighfirli....dst"

Meminta dosa orang tua kita diampuni Allah --> Allah memberikan kebaikan
Meminta rahmat kepada bapak ibu ---> jika rahmat sudah diberikan Allah, maka semua keburukan diselamatkan, kebaikan didekatkan

Berbeda dengan doa-doa yang kita susun sendiri, biasanya satu dua halaman. Doa quran hanya 1 baris, tapi mencakup sekian halaman itu. Hati hati juga bahwa rincian-rincian doa yang tidak ada perlunya pun dilarang oleh Rasulullah - berlebihan dalam berdoa. 

Nabi Zakariya - setelah bahagia mendapat kabar anak itu - keluar dari mihrab, menuju kaum, lalu memberi isyarat kepada kaumnya untuk bertasbih pagi dan petang. Dzikir ini merupakan bentuk syukur kepada Allah. Di antara bentuk mensyukuri nikmat adalah dengan beribadah. Rasul sholat sampai kakinya bengkak, meskipun beliau sudah dijamin ampunan Allah; alasannya adalah untuk bersyukur kepada Allah. 

Hai Yahya, ambillah al kitab (taurat) itu dengan sungguh sungguh. Dan Kami berikan kepadanya hikmah selagi ia masih kanak-kanak. Dan rasa belas kasihan yang mendalam dari sisi Kami dan kesucian (dari dosa). Dan ia adalah seorang yang bertakwa. dan banyak berbakti kepada kedua orang tuanya, dan bukanlah ia seorang yang sombong lagi durhaka. Kesejahteraan atas dirinya pada hari ia dilahirkan, dan pada hari ia meninggal serta pada hari ia dibangkitkan hidup kembali. (ayat 12 - 15)
SIFAT BAIK YAHYA

  • Ada kisah yang diputus di sini - yaitu kelahiran Yahya. Yahya sudah lahir, sudah mengerti dan diajak berbicara. Yahya dipesankan untuk mengambil al kitab (menghafal, memahami, mengamalkan, mengerjakan perintah, menjauhi larangan di dalamnya). 
  • Yahya sudah pintar semenjak kanak-kanak.
  • Yahya saat kanak-kanak, diajak main temennya, ia menjawab, "Kami diciptakan bukan untuk bermain". 
  • Yahya diberikan nikmat memahami hukum Allah semenjak kecil. Untuk kita, maka kitab yang kita ambil adalah Al Quran - menghafal, memahami, mengamalkan, berdakwah quran.  
  • Allah juga memberikan kasih sayang kepada Yahya, hati dan otak yahya dibersihkan dari segala sifat buruk, digantikan dengan akhlak yang baik. 
  • Yahya pun orang yang bertaqwa, mengerjakan perintah Allah, menjauhi larangan Allah. 
  • Yahya juga merupakan anak yang berbakti kepada ibu bapaknya. Birul walidain merupakan ajaran inti Islam. Selalu Allah gandengkan tauhid dengan perintah birul walidain. Berbakti di dunia ini adalah taat kepada orang tua, selama tidak disuruh maksiat - selama kita mampu - selama tidak membahayakan. 
  • Yahya orang yang tawadhu' dan tidak durhaka. Hubungannya dengan Allah dan dengan manusia baik. 
  • Yahya beroleh keselamatan dan kesejahteraan : yaitu pada hari kelahirannya, hari kematiannya dan hari kebangkitan. Mengapa ke-3 waktu ini? Karena ke3 waktu ini merupakan keadaan yang manusia paling kesepian, bingung, galau. Pertama pada saat kelahiran : dari rahim, ia keluar menuju dunia. Heran, dari tempat yang kecil, menuju dunia yang besar. Kedua pada saat kematian : ini juga kita melihat hal-hal yang belum pernah kita lihat, makhluk yang asing kita belum pernah lihat. Ketga pada saat dibangkitkan : keadaan telanjang, tidak beralas, tidak berkhitan, berada di alam makhsyar semua makhluk, dengan keadaan yang sangat sangat berbeda, Allah telah mengganti bumi yang sekarang. Maka butuh keselamatan di 3 tempat ini. 

Post a Comment

Terimakasih udah mampir di blog ini, happy reading :)