curhatibu.com

Materi 3 Dauroh Online Matn Muqoddimah Jazariyah: Muqoddimah

Bait Pertama : Akan berkata seseorang yang mengharap ampunan dari Allah , Rabb yang Maha Mendengar, Muhammad Ibnul Jazariy Asy Syafi'i. 
Nama lengkap beliau : Syamsuddin Abul Khair Muhammad bin Muhammad bin Muhammad bin 'Ali bin Yusuf Al Jazariy Ad Dimasyiqiy Asy Syafi'i. Sebutan Al Jazariy berasal dari Jazirah Ibnu Umar (kakek moyang beliau). Sebutan Asy Syafi'i adalah sebutan madzhab yg dipegang beliau yaitu madzhab Imam Asy syafii (muhammad bin Idris). Kelahiran di Damaskus, Syuria, yaitu di 25 Ramadhan 751 H.

Beliau adalah anak dari orang tua yang sudah 50 tahun tidak dikaruniai anak. Lalu mereka berdua berdoa di ka'bah, minum air zamzam, sembari berdoa meminta anak yg faqih. 

Orang tua Imam Jazariy bukanlah ulama, namun ia rajin ta'lim; sehingga kenal banyak ulama. Mereka punya banyak referensi ulama, dan sudah merencanakan siapa-siapa saja yang akan direncanakan menjadi rujukan mulazamah Imam Jazariy. 

Hal ini kemudian membuat beliau pada usia 13 tahun sudah hafal quran beberapa riwayat, dan usia 14 tahun sudah resmi ditunjuk menjadi imam sholat. Pada usia 24 tahun sudah mendapatkan ijazah berfatwa dalam madzhab Imam Asy Syafi'i (ia diberikan izin oleh Ibnu Katsir). Beliau bersafar ke Mesir untuk belajar, Turki, Yaman, dst. Sampai bingung pergi ke mana untuk mencari guru, sampai sudah tidak ada yang bisa diambil ilmunya --- karena sudah kapasitas beliau untuk mengajar. Dalam rihlah beliau, beliau sering ditemani oleh putra kedua, bernama Abu Bakar Ahmad. Sehingga Ahmad menjadi orang yang paling banyak menulis kitab yang dijelaskan ayahnya, termasuk yang pertama kali menulis syarah kitab Matn Jazariyyah. 

Diantara gurunya : 
Diantara muridnya : Abu Bakar Ahmad, Ahmad bin Al As'ad, Quraisy al basyir al utsmaniy, Ibnu Hajar al askolaniy (ibnu hajar ini murid secara ijazah, untuk ilmu hadits; tidak lama berguru pada imam jazariy)

Wafat di Syiraz, sebuah kota kecil, perbatasan Irak. Tanggal 5 Rabiul Awwal Tahun 833H.

Beda ar rahman dan ar rahim : Ar rahman adalah kasih sayang untuk seluruh makhluk di dunia, Ar rahim adalah kasih sayang yang khusus diberikan kepada orang beriman. 

Kitab yang beliau tulis : Al Muqoddimah Fiima Yajibu 'Ala Qori'il qur'aniy an ya'lama, Ad Tsuratul Mudiyah, Al Bidayah Fii 'Ulumil Riwayah, An Nashr fil Qiro'atil Asyr (kitab induk qiroat) --- diringkat jadi bait Thoyyibatun Nasr, Kitab Tazkiyatun Nafs, dll. 

Imam Jazariy adalah ulama multi talenta, ia menguasai hampir seluruh cabang ilmu (bahasa, qiroah, tafsir, hadits, fiqih, dsb), seperti juga Imam Syuyuti

#yang di-bold adalah poin penting yang ditanyakan

MAKNA SHOLAWAT - BAIT kedua
Al hamdulillahi Wa shollallahu (Segala puji bagi Allah dan sholawat dari Allah)
Alhamdu --- pujian
Lillahi ---  bagi Allah

Beda pujian dan syukur apa? Kalau pujian itu kita ga perlu menunggu sesuatu dikasih ke kita; tapi syukur itu kita biasanya setelah mendapat sesuatu. Pujian itu kembali kepada Allah, juga segala syukur. 

Sholawat jika datang dari Allah itu artinya Rahmat/kasih sayang/ampunan
Sholawat yang datang dari malaikat artinya istighfar/permohonan ampun
Sholawat yang datang dari kita artinya doa keselamatan
'Ala nabiyyihi wa musthofahu
atas nabinya dan pilihanNya
Siapa nabi kita? Muhammad bin Abdullah bin Abdul Muthollib bin Hasyim bin Abdi Manaf bin Qusoy
wa 'alihi - dan keluarga Nabi
Keluarga Nabi adalah orang orang yang merupakan bagian dari keluarga nabi yang tidak berhak menerima zakat dan shodaqoh (yaitu seluruh bani hasyim dan bani mutholib) - disebut AHLUL BAIT. Anak keturunannya disebut Habib (laki-laki) dan Syarifah (perempuan). Secara umum, keluarga nabi adalah seluruh umat islam. namun definisi khususnya adalah yang tidak berhak menerima zakat dan shodaqoh.


Terhadap ahlul bait ,jika ingin memberi, maka diniatkan sedekah. 

wa shohbihi - sahabat Nabi
Definisi Sahabat Nabi adalah siapa saja yang pernah bertemu nabi walau sesaat, dan wafat dalam keadaan beriman. 
wa muqri'il qur'an - guru Al Qur'an
Artinya guru quran secara umum. Murid-muridnya namanya Qori. Secara khusus, seseorang disebut al muqri jika telah menguasai setidaknya 7 qiroat. Seseorang disebut al qori secara khusus jika ia telah menguasai setidaknya 1 riwayat Quran. 

Dalam ilmu quran sebenernya tidak ada julukan Al Hafidz. Julukan ini adalah untuk urusan Hadits, yaitu bagi yang hafal sekian banyak hadits. 

Jadi Sholawat ini disampaikan kepada Nabi, Keluarga Nabi, Sahabat nabi, Muqri' quran, Pecinta Quran. JIka kita ga bisa jadi guru quran, jadilah murid quran, jika tidak bisa juga maka jadilah pecinta quran.

BAIT KEEMPAT 
Wa ba'du : Inna hadzihi muqoddimah
Sesungguhnya kitab ini hanyalah muqoddimah. 
Fiima 'Ala qori'ihi an ya'lamah
Sesuatu yang wajib dipelajari oleh pembaca dan pembelajar quran. 
Harusnya guru quran sudah khatam kitab ini, karena kitab ini sebenarnya untuk pembelajar quran/pembacanya. Namun tidak mengapa jika terlambat, meski sudah menjadi guru teruslah belajar kembali.

Teruslah belajar meskipun sudah menjadi guru. Jangan sampai "jubah keustadzan" menghalangi kita untuk duduk sebagai penuntut ilmu. 

BAIT KELIMA dan KEENAM
Idz wajibun alaihimu muhattamu - Sesungguhnya wajib bagi mereka dengan kewajiban yang amat sangat (SANGAT WAJIB). Qobla syuru' - sebelum melakukan amalan. An ya'lamu... - untuk memahami ---- Makhorijal Hurufi wa sifatihi - supaya lisan kita bisa melafzkan huruf hijaiyyah dengan bahasa yang PALING FASIH.  

Jadi dalam ilmu tajwid kita mempelajari MAKHROJ HURUF dan SIFAT-SIFAT huruf, dengan maksud agar bisa melafazkan huruf hijaiyah dengan bahasa yang paling fasih (bukan sekedar fasih, tapi paling fasih)

BAIT KETUJUH - Persoalan Tajwid
Muharriri Tajwid wal mawaqifi 
Mesti mahir dalam ilmu tajwid (sebenarnya ini bagian dari sifat, yaitu sifat mustahaq seperti bab mim, bab nun, mitslain, mad) dan masalah waqaf (terkait ini hanya akan manfaat bagi orang yang bisa bahasa Arab, jika tidak bisa maka ikuti saja tanda yang ada pada mushaf; jika tau bahasa Arab, harus ngerti kapan harus mulai kapan harus berhenti. Terutama terkait dengan tema bacaan Qur'an, ga boleh sembarangan berhenti dan memulai membaca Qur'an - diperhatikan tanda 'ain. Jadi kita gak mengandalkan perasaan saat akan berhenti. Sandaran waqaf itu pada makna dan tafsir.
Wamalladzi rusima fil mashohifi
Yaitu segala tulisan yang tertulis di mushaf. Penting perkara rosm ini, bisa menentukan cara baca kita, apakah disambung atau dipisah.

Min kulli maqtu'in wa maushulin biha
Contoh yaa ayyuha adalah 2 kata yang tidak boleh dipisah, Innama juga ditulisnya disambung, ga boleh kita pisahkan bacanya.
Juga ta' marbuthoh yang tidak tertulis tidak pakai ta' marbuthoh
Contoh : Jannatunaim pada surat al waqiah pakai huruf ta' biasa. Imroatun ada yang pake ta' terbuka (yaitu jika bersandingan dengan pasangan/suaminya) ada yang pake ta' marbuthoh. Kata-kata ini akan berbeda pengucapannya jika kita berhenti pada kata tersebut.

Jadi Permasalahan yang DIPELAJARI dalam ilmu Tajwid : 
- Makhroj huruf
- Sifat huruf
- Perkara Tajwid (hukum nun, mim, mitslain, mad)
- Persoalan Waqof
- Perkara Rosm, Kata yang tersambung/terpisah

Post a Comment

Terimakasih udah mampir di blog ini, happy reading :)