curhatibu.com

Penerimaan

Satu kata : Lega. .
Lega dari kekhawatiran atas penerimaan. .
.
Kita sering merasa khawatir tentang bagaimana penerimaan orang pada diri kita. Kita sering merasa tidak layak untuk diterima, dg kekurangan yg jumlahnya tak terhitung, dibanding kelebihan yg tak seberapa. Kita sering merasa tak nyaman, bahkan dengan diri kita sendiri; hanya karena pikiran sibuk dg kesalahan, keburukan, yang tentu tak bisa luput dari makhluk ber-title INSAN. .
.
Ya, bahkan, terhadap diri yang tak bisa menerima dirinya sendirinya. Sehingga, bagaimana mungkin orang lain merasa nyaman menerima apa yang ada. .
.
Pada akhirnya -di waktu ini- saya merasa lega. Lega dengan penerimaan. .
.
Ya, kenapa harus mengkhawatirkan penerimaan orang lain pada diri kita, padahal sebenarnya kita yakin mereka bisa menerima kita apa adanya.
.
.
Ya, kenapa juga harus merasa tak aman pada diri, tak menerima diri sendiri, tak mencintai dirinya sendiri; padahal ada banyak alasan cinta itu, ada banyak alasan perjuangan itu, ada banyak alasan mengapa selama ini diri memperjuangkannya. .
.
Terimakasih, telah membuat saya nyaman, dengan penerimaan itu. Penerimaan atas hidup. Bahwa inilah kehidupan. Keadaan yang tak melulu berasa di atas angin, juga tak selalu berada di ujung tanduk. Semua ada masanya. Semua ada rasanya. Semua ada bahagia dan saat surutnya. .
.
Tugas kita, hanya menerima semua, dengan penuh kenyamanan, keikhlasan, keridhoan, demi sebuah rasa bernama "bahagia". Ya, jika kita ridho, Allah akan berikan bahagia itu.
.
.
Teringat perkataan seorang ulama, bahwa seorang bisa dikatakan bahagia, jika dia terkumpul 3 hal. Yaitu dia mampu:
1) bersyukur saat mendapat nikmat, 2) bersabar saat mendapat musibah/keburukan, 3) beristighfar saat berbuat dosa
.
.
Wow.. ya, penerimaan. Karena taqdir Allah selalu akan berakhir indah, untuk hambaNya. Selagi selalu sabar, syukur serta membersihkan diri dari dosa noda kemaksiatan. Jika hati telah bening, telah lembut kembali, telah lega dengan segala ketetapan; bukankah itu membahagiakan ?

Terimakasih yg telah membersamai, dan membuat saya mengerti tentang hal ini... 

Post a Comment

Terimakasih udah mampir di blog ini, happy reading :)