curhatibu.com

Tanda Anak Nyaman Dengan Ibu (Catatan Kajian Ust Bendri - Serial Ibu Tangguh) intimacy metter

1. Mau dan nyaman diajak naik kendaraan bareng. Kita kalau naik angkot bersama orang yang sedang kita kesal dengannya, pasti tidak nyaman. Begitu juga anak kita. 

2. Spontan - melakukan hal-hal yang "aneh" menjadi tidak masalah pada seorang anak, karena dia merasa tidak masalah dengan orang tuanya (nyaman).

3. Respect. Meskipun anak spontan, tapi tetap menaruh hormat kepada orang tuanya. 

4. Matanya berani menatap org tua saat berbicara. Mata adalah jendela hati anak. Sebagaimana kita pun akan nyaman menatap lawan bicara, jika kita nyaman dengan lawan bicara kita. 

5. Telapak tangan nyaman untuk disentuh (tgn sebagai sensor). Misal di lingkungan baru anak tidak mau diajak bersalaman , itu merupakan bentuk respon sensor dia atas kenyamanannya dengan orang bersangkutan. Biarkan anak memfilter orang yang dia nyaman atau tidak. Hal ini nantinya akan berpengaruh terhadap mudah/tidaknya anak dipengaruhi oleh org asing.

6. Punya inisiatif bicara. Ketika kita nyaman dengan orang, maka obrolan akan bisa mengalir dengan lancar; bahkan kitalah yang memulai obrolan itu. Demikian juga anak. Jika anak suka cerita, bertanya, ngobrol, artinya anak masih nyaman dengan kita. 

7. Berani jujur, berani mengakui kesalahan, tidak berani bohong. Ketidaknyamanan bisa berujung pada self defense (ingin menyelamatkan dirinya) dengan berbohong - misal agar tidak dimarahin. 

8. Tidak punya rahasia. Anak akan berterus terang atas apa yang ada di pikirannya. Anak selalu menceritakan apa yang dialami dengan kesadaran. Sebagaimana dalam Quran diceritakan bahwa nabi Yaqub dan Yusuf; menceritakan mimpinya kepada ayahnya. Anak yang nyaman dengan kita akan dengan mudahnya bercerita apapun. Jangan sampai ada kalimat "Nggak papa" pada anak - sebab itu menjadi indikasi anak tidak nyaman. 

9. Mau diperintah/diminta bantuan. Efek dari nyaman adalah tidak merasa terbebani dengan instruksi. Efek nyaman adalah mencoba menyenangkan hati dari orang yang dia merasa nyaman dengannya. 

10. Anak betah di rumah. Sebagian anak yang suka di luar, biasanya "males" bertemu dengan orang tuanya. 

Link Kajian Lengkap di sini

Post a Comment

Terimakasih udah mampir di blog ini, happy reading :)